Senin, 28 Oktober 2024

Berbagi Semangat Berdiferensiasi: Catatan dari Webinar Guru bersama Komunitas Belajar SDN 004 Teluk Pandan

Halo, Sahabat Guru Belajar dan Berbagi . . .

Siapa bilang pembelajaran berdiferensiasi itu merepotkan bagi guru dan sulit diterapkan di kelas? Pembelajaran berdiferensiasi adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif yang didasari pada pemahaman bahwa setiap peserta didik memiliki gaya belajar, minat, dan kemampuan yang berbeda-beda. Dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing peserta didik. Namun rupanya hal tersebut masih menjadi hal yang belum begitu dipahami oleh para rekan guru, sehingga Komunitas Belajar SDN 004 Teluk Pandan pada tanggal 14 Oktober 2024 mengadakan webinar rutin yang terdaftar pada PMM, dengan mengangkat judul "Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi".


Dalam webinar tersebut, saya dan rekan guru Bapak Surya Kurniansyah, S.Pd., berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan praktik baik dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Antusiasme para guru yang mengikuti webinar ini benar-benar luar biasa. Tercatat sebanyak 201 guru mengisi daftar hadir webinar yang berasal dari berbagai daerah, baik itu dari Kabupaten Kutai Timur, maupun dari daerah lainnya bahkan hingga Jawa dan Sumatera. Dalam webinar ini pula, saya memaparkan beberapa konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari pentingnya mengenal karakteristik siswa, hingga strategi-strategi diferensiasi yang dapat diterapkan di kelas. Selain itu, saya juga berbagi sejumlah contoh konkret dari praktik pembelajaran berdiferensiasi yang telah saya lakukan, termasuk pemaparan tentang praktik baik ETAM BEBAYA yang pernah saya lakukan. (Baca juga : Praktik baik ETAM BEBAYA)




Salah satu poin penting yang saya tekankan adalah pentingnya fleksibilitas dalam merancang pembelajaran. Guru perlu siap untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa yang berubah-ubah. Adapun respon peserta webinar sangat beragam. Ada yang merasa terinspirasi untuk mencoba menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya, ada juga yang ingin mendiskusikan lebih lanjut tentang tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi. Webinar ini menjadi pengingat bagi saya bahwa semangat untuk terus belajar dan berbagi itu sangat penting. Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir. Selalu ada ruang untuk belajar dan berkembang. 

Berikut adalah hasil rekaman webinar yang ditayangkan melalui platform Youtube.



Daftar Hadir Peserta Webinar

Materi Webinar


#BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2024 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar